Senin, 27 Mei 2013

Inspirasi Menulis Puisi, Khususnya Puisi Cinta

Bertemu lagi dengan saya, wendi. Udah lama ya nggak buat postingan di blog ini. Maklum aja, penyakit paling susah di hilangkan pastinya lupa!. baiklah, back to the topic. kali ini yang akan kita bahas berbagai inspirasi dalam menulis puisi, khususnya puisi cinta pastinya.

yang lagi pengen nulis puisi buat someone pasti lagi kebingungan apa yang mau di tulis. rasanya
otak mau pecah mikirin apa yang ingin ditulis. baiklah, postingan ini sangat cocok bagi yang susah dapat inspirasi bikin puisi atau kebingungan dalam menulis puisi. kali ini saya akan bantu anda, saya akan paparkan inspirasi menulis yang sudah saya pikirkan sejak lama tapi baru di tulis sekarang.

1. Inspirasi Dari Lirik Lagu
Kalo cara yang ini paliiiiinnggggg mudah, yang penting hapal sebuah lirik lagu, tinggal di aransemen kata-katanya supaya cocok(lo kira musik, pake di aransemen). Dalam pemilihan lirik lagu harus pas dengan tema yang kita buat, misalnya kalo anda buat puisi dengan tema cinta berarti lirik lagu yang akan di gunakan misalnya Selalu Tentang Kamu. kalo mau lebih jelas bisa lihat contoh yang di bawah ini.
Lirik Lagu Selalu Tentang Kamu
Akhirnya kutemukan yang selama ini ku cari
Kamu lah yang ku mau
bla bla bla
bla bla bla
.
.
.
.....
Setelah diaransemen menjadi sebuah puisi hasilnya.....
Akhirnya aku menemukan yang selama ku cari
Kamu lah yang ku mau yang menemaniku hati ku selalu
....
 kuncinya dengan cara ini yaitu mengaransemen sedikit saja pada tiap-tiap kata supaya cocok.

2. Konsultasi dengan Mbah Google
Cara yang ini sih paling mudah banget. Nggak perlu proses aransemen kata-kata/kalimat. tinggal ketik, catet deh hasil yang ketemu. tanpa pikir panjang langsung copas. cara ini merupakan cara yang supercepat.

3. Menulis puisi sambil memikirkan seseorang
Bagi kalian yang sedang falling in love dengan someone-lah dan kalian ingin menulis puisi cinta kepada seseorang tersebut, mungkin cara inilah yang tepat. walaupun agak repot karena harus memikirkan kata-kata yang tepat/di salurkan kedalam puisi tersebut. kalo mau lebih jelasnya bisa lihat contoh berikut.
misalnya kepada Aulia(nama temen aku, nb:hanya sebagai contoh nggak ada maksud lain hahahaha.).

Inget ya! puisi pada poin yang ini hanya sebagai contoh saja.

4. Apa yang inget, tulis!.
cara ini bisa kita sebut dengan pasrah!. Why?. pokoknya apa yang masih nyangkut di dalam otak tulis aja, walaupun jelek biarlah.

Itulah yang bisa saya paparkan bila ada salah kata saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun. Terima kasih telah mengunjungi blog saya dan membaca postingan saya yang apa adanya ini.

1 komentar:

  1. Terkadang begitu sulit untuk menemukan kata-kata saat inggin mengawali penulisan, menulis puisi ataupun sebuah curahan pada diary atau langsung ngeblog. Semua jadi binggung, entah apa yang akan tertulis. Tapi, bagiku kita akan mudah menulis dan mudah mendapat kan ide jika sesuai dengan kondisi, situasi dan mood kita. Uhh, apa lagi jika itu tentang love and life . Makasih kawan info nya, aku begitu suka mnulis, dan sering kehilangan kata-kata. .

    BalasHapus