Minggu, 05 Agustus 2012

Cara Mudah Mempunyai Website Pribadi Dengan Gratis (2)

Kali ini saya akan melanjutkan postingan Cara Mudah Mempunyai Website Pribadi Dengan Gratis. Simak Terus ya tutorial ini.

Yang pertama kali anda lakukan ialah mendaftar ke penyedia domain. Pertama masukkan nama domain anda jika nama yang anda masukkan tersedia maka langsung registrasikan. Jika registrasi berhasil anda harus men-setup domain anda.


Langkah selanjutnya ialah mendaftar ke server hosting. Cara nya pengisiannya bisa di lihat di gambar di bawah ini bagi anda yang ingin menggunakan hosting dari 000webhost.com.


Jika field yang saya tunjuk sudah di isi lalu klik tombol create my account. Jika registrasi berhasil yang harus anda lakukan ialh mencatat informasi sudah anda dapatkan dari hosting tersebut misalnya Hostname FTP, Username FTP dsb.

JIka semuanya sudah. Langkah selanjutnya design halaman & menguploadnya ke server hosting. Gunakan Filezilla FTP untuk menguploadnya caranya masukkan Hostname FTP anda pada field Hostname lalu masukkan username FTP anda pada field username dan masukkan password. Password yang digunakan ialah password saat anda mendaftar di server hosting tersebut. Dan yang terakhir ialah mengklik tombol QuickConnect lalu upload lah halaman web anda tapi yang pertama kali ialah masuk ke folder public_html barulah anda menaruh filenya disana.(catatan:untuk halaman utama nama filenya harus index).

Oh ya, bagi anda yang males design web atau instal program designernya. Bisa juga menggunakan CMS. Untuk menggunakan CMS yang ahrus anda lakukan ialah mendownload salah satu CMS berikut ini:

Jika semuanya sudah didownload yang selanjutnya anda lakukan ialah mengekstraknya jika semua sudah di ekstrak lalu uploadlah ke server hosting.Untuk menggunakan CMS tersebut, jika anda menggunakan joomla caranya ialah :
www.namasitus.domain/administrator
Untuk CMS yang lain. cara penggunaannya bisa di cari internet, banyak loh tutorialnya.

Dan ini yang terakhir ialah memanjemen website pribadi anda. Caranya mudah, login ke server hosting lalu masuk cPanel.

Yah selesailah sudah postingan tentang Cara Mudah Mempunyai Website Pribadi Dengan Gratis. Sebenarnya cara ini juga bisa di pakai untuk membangun situs sekolah yang ekstensi domainnya .sch.id, atau situs yang domainnya berbayar juga bisa. Sekian dulu yah. Terima kasih telah mengunjungi Blog Wendi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar